Parahyangan Model United Nations 2008

Tanggal 20-22 April yang lalu, saya dan teman-teman HI Unpar yang lain mengadakan sebuah acara yang bernama Parahyangan Model United Nations (PMUN). PMUN merupakan simulasi sidang PBB yang menjadikan pelajar-pelajar SMA se -Indonesia sebagai pesertanya. Acara ini merupakan kerjasama jurusan HI Unpar dan Deplu RI. Tema yang diangkat dalam PMUN tahun ini adalah “Climate Change as A Global Chalenge”.

Selama 3hari acara, peserta mendapatkan akomodasi di Hotel Perdana Wisata Bandung. Hotel yang pas sekali untuk acara kami ini. Pihak hotel memberikan banyak kemudahan kepada para panitia maupun peserta, meskipun untuk urusan makan, peraturannya sangat ketat hingga memusingkan anak-anak konsumsi.

Hari 1, peserta seharian penuh berada di hotel. Mereka diberikan briefing materi dan protokol untuk sidang di hari ke-2, baik oleh divisi materi dan protokol dari panitia maupun dari para ahli dari Departemen Luar Negeri (Deplu). Acara di hari pertama ini ditutup dengan acara menonton film Inconvenient Truth yang katanya peserta cukup membosankan.*iya sii, tapi film ini menguak banyak data lho!*.

Hari 2, merupakan puncak dari acara PMUN. Peserta dan panitia bergerak menuju Gedung Merdeka-Museum Konferensi Asia-Afrika. Di gedung yang penuh sejarah ini, peserta mengikuti simulasi sidang yang berjudul The 62nd Session of United Nations General Assembly: Save The Atmosphere for All Human Beings with Emission Reduction. Dalam simulasi sidang ini, peserta yang terbagi menjadi 10 delegasi mewakili sekolah masing-masing benar-benar berperilaku dan diperlakukan layaknya diplomat asli. Protokoler sidang yang telah dijelaskan oleh tim protokol sehari sebelumnya pun dilakukan dengan baik. Masing-masing delegasi berusaha untuk menjadi Best Delegation ataupun Best Speaker dalam sidang.

Suasana sidang PMUN

Hari 3, peserta dibawa ke kampus Unpar, ke gedung FISIP. Di sana, mereka dikumpulkan di ruang 3201. Ada sambutan oleh para petinggi kampus (Mas Prof. Banyu-W.R. 5,Mas. Pur-Kajur HI, dan Mas Bonggas-Sekjur HI). Di kampus, kemudian diumumkan para pemenang Best Delegation dan Best Speaker dari simulasi sidang di hari ke-2. Selamat kepada 2 Delegasi dari SMAK 1 Penabur Bandung yang memperoleh Best Delegation 1 dan 3, juga SMA Rex Mundi Menado yang menjadi Best Delegation 2, juga yang menjadi Best Speaker. Lalu setelah acara penutupan para peserta pun diajak untuk melakukan sesi foto-foto di lobi kampus Fisip. Setelah itu, peserta pun dibawa ke Restoran Sari Sunda untuk makan siang.

***

Fiuuh…Akhirnya PMUN tahun ini beres juga. Gue bisa mengategorikan acara itu berjalan dengan sukses. Rugi banget buat peserta tahun lalu yang ga ikut lagi tahun ini karena trauma dengan kejelekan acara tahun lalu. Gue seneng karena peserta bisa have fun selama acara. Yaah meskipun ada banyak bolong dari kepanitiaannya, tapi yang penting para peserta bisa senang!

Yang gue seneng lagi adalah karena antar peserta bisa saling berbaur, bahkan peserta dan panitia pun bisa akrab dan kompak. Acara mana lagi yang ngundang anak SMA tp panitia dan peserta nya bisa begadang maen kartu ampe dimarahin ketua panitia?! Hore bangetlah!

Oiya, buat peserta atau panitia PMUN2008, bisa gabung ke friendsternya PMUN. Ditunggu lhoo!



About this entry