Kecenderungan Anak HI dalam Berfoto

Setelah 3 tahun berkelana dan menjalani hidup di dunia perkuliahan Hubungan Internasional (HI), gue bisa melihat pola-pola anak-anak HI (gue dan temen-temen gue) dalam berfoto. Tanpa maksud menunjuk orang-orang tertentu, maka gue bisa menyebutkan kecenderungan-kecenderungan yang biasa dilakukan oleh anak-anak HI Unpar dalam berfoto. Inilah pola-polanya:

1. Foto dengan latar belakang bendera

Pola yang pertama ini adalah yang paling sering dilakukan sama anak-anak HI. Mungkin dengan maksud anak HI pasti selalu berbau HI, jadi harus ‘bergaul’ dengan simbol-simbol negara lain, seperti bendera atau lambang negara.

Mas Bhatara and flags

Edna, flags and the Garuda

2. Doyan foto dengan gaya diplomat

‘Kalo lulus dari HI mau jadi apa?’

‘Diplomat bisa, watawan bisa, kerja di NGO bisa, di media juga bisa, yaa bisa kemana aja dee!’

Cita-cita anak HI yang utama adalah cenderung menjadi diplomat. Karena itu juga HI identik dengan kegiatan-kegiatan diplomatis. Lihat saja, ga jarang anak HI foto dengan gaya ala diplomat: 3pieces suit, duduk di belakang plakat nama sebuah negara atau jabatan tertentu, dan lengkap dengan microphone di depan.

Ms. Simanungkalit as the Chairperson

Timoty the vice chairperson

Edna-bukan diplomat biasa

The Pakistan Delegation

3. Foto di tempat instansi tertentu yang dianggap ‘HI Banget’

Sepertinya banyak anak HI yang butuh ‘pengakuan’ bahwa dia benar-benar anak HI yang juga berkecimpung di dunia HI. Di pola ini, saya menunjukkan bahwa anak HI suka foto di tempat-tempat yang menunjukkan ke-HI-an seseorang, misalnya: kantor UN, kantor stasiun TV tertentu, atau di gedung-gedung tertentu.

Rean and the UN building

Bebek di Kedubes Kroasia

JC and the UN

4. Terobsesi foto dengan tokoh-tokoh yang eksis dalam per-HI-an

Anak-anak HI itu pasti punya idola di dunia HI sendiri. Selain itu, pasti ada kebanggaan tersendiri kalo bisa foto bersama orang-orang terkenal. Gue sendiri punya cita-cita ketemu Condoleezza Rice *ngarep banget!*.

Unpar Delegations on HNMUN with Marty Natalegawa

anak-anak HI Unpar dengan David Lazarus (Direktur UNIC untuk Indonesia)

***

Sebenarnya masih banyak pola-pola berfoto lainnya. Tapi kayaknya susah juga kalo semuanya harus dimasukin ke blog ini. Bagi teman-teman yang merasa fotonya dimuat, gue ga ada maksud yang jelek kok, tapi foto-foto kalianlah yang terbaik yang saya punya.


About this entry