Internet Gue Mati Beberapa Hari. Aaah Ternyata!

Alkisah, hari Selasa, 2 hari yang lalu gue balik ke Bandung dengan serba ‘setengah-setengah’- setengah sakit, setengah malas, dan setengah hati. Mengingat waktu gue di Jakarta kemarin juga agak-agak ribet, disuru pulang buat jaga rumah kok tiba-tiba jadi pergi ke 2 acara kawinan.

Sore-sore gue nyalain komputer di kosan, eeh internet nya mati. Gue kirim SMS sama bapak yang ngurusin internetnya ‘Pak, kok internet saya mati?-edna BI-21’. Lalu dijawab: ‘Nanti saya cek ya.’ Dan tidak lama kemudian si Bapak datang ke kosan gue.

Si bapak pertama-tama memeriksa komputer, tidak ada yang salah. Terus dia memeriksa ke kabek-kabel jalur internet ke kamar gue. Ga ada yang salah juga. Dia cuma minta temen gue matiin kabel adaptor sebentar dan langsung dinyalain lagi.

Oke, hari 1, tidak ada yang salah dengan komputer gue atau pun kabelnya. Si Bapak menyimpulkan, LAN Card-nya harus diganti. Karena waktu gue di Jakarta ada switch (atau apalah namanya) yang diganti yang ga cocok dengan LAN Card gue. ‘Besok saya datang lagi pagi-pagi.’ begitu kata si Bapak. Siap Pak! Besok nya gue emang ga mau kemana-mana.

Hari 2, kondisi badan gue menjadi lebih setengah lagi. Si Bapak itu datang telat setengah jam ke kosan gue. Dia bawa kresek isi LAN Card. Mulailah gue sama dia sibuk membolak-balik CPU gue. Ganti LAN Card 1, hasil nya nihil. Ganti LAN Card 2, sama aja. LAN Card 3, tetep ga bisa. ‘Sepertinya ini connectornya yang rusak.’ Lalu dia ngecek kabel connectornya. ‘Ga ada yang salah kok. Mungkin LAN Card nya memang belum cocok.’ kata si Bapak lagi. Dia pamit pergi dan mengatakan anak buahnya lah yang akan datang siang harinya.

Siang hari, Hari 2. Si anak buah datang. ‘Mbak, LAN Card nya uda dipasang kan?’ lah kok malah nanya. ‘Belom Mas. Tadi dibawa pergi sama si Bapak.’ jawab gue. ‘Laah??’ sahutnya bingung.

Kemudian si anak buah itu mengutak-ngatik  connector, trus pergi sebentar ngambil LAN Card. Pas balik, dia masangin LAN Card nya yang baru lagi. Ga ada perubahan. Ternyata dia salah nyolokin ke soketnya. Gue benerin, tapi tetep aja internetnya belum jalan. Si Bapak nya datang gak lama kemudian. Si Bapak meriksa komputer, sedangkan si anak buah liatin kabel. Tapi gak lama, karena si anak buah harus pergi ngurusin kerjaan yang lain. Si Bapak lah yang kemudian meriksain jalur kabelnya.

Tiba-tiba, si Bapak me-miskol, dan kemudian gue denger nama gue dipanggil-panggil. Si Bapak ada di lantai 2 kosan gue dan minta dilemparin selotip. Ok, gue lempar, tapi gagal mulu. Sampe akhirnya gue minta tolong temen kosan gue yang ngelemparin. Ga lama kemudian si Bapak nongol lagi di depan kamar gue sambil nyegir sebentar, tapi mukanya langsung serius lagi…

Kabel Internetnya

Kabel Internetnya

‘Edna, ternyata kabelnya digigit tikus. Ni lihat,’ katanya sambil nunjukin kabel yang uda keriting ujung-ujungnya. Gue salting, bingung harus ketawa apa sok-sok serius kayak muka si Bapak.

Kabelnya Keriting Digigit Tikusss

Kabelnya Keriting Digigit Tikusss

2 hari si Bapak pusing nyari-nyari apa yang salah dengan internet gue.

ASTAGAAAA TERNYATAAA…. masalah nya disebabkan karena kabel nya digigit tikus, tapi ketutupan papan, jadi ga keliatan pas diperiksa kemarinnya.  Sialan tu tikus!

Ditambah lagi, pas gue kasi tau ke salah 1 temen gue kalo kabel gue digigit tikus. Eeeh, dia malah bilang ‘Makanya, kamarnya diberesin donk!’. Yeee, kan tikusnya gigit kabel yang di luar bukan yang di kamar gue!

Pelajaran buat semuanya, tikus sekarang canggih-canggih! Ga pada takut nyetrum!

***


About this entry