Susahnya Jadi Seniman

Dua minggu yang lalu, ada pengalaman unik yang gue dapatkan dari teman di gereja. Waktu itu ada seorang teman lain yang bersama dengan kita, dia itu pemain biola yang memang piawai sekali dan pernah berkolaborasi dengan hampir semua tim orkestra di Indonesia. Kejadian yang menarik adalah celetukan teman gue (oknum M) yang bilang ‘Emang semua seniman itu aneh!’. Heee??!!

Reaksi gue langsung bilang ‘maksud loo??!!’ (mungkin gue merasa sebagai seniman yang tersinggung). Lagiaaan, kayaknya si oknum M ngomong begitu karena melihat kebiasaan si pemain biola tadi yang sukan cengengesan ga jelas. Dan pas gue bilang ‘gue ga aneh tu!’, si oknum M malah bilang ‘ya itukan menurut elo na!’. Dan kita langsung ketawa sekencang-kencangnya.

Karena kejadian itu gue jadi mikir: susah bener dah jadi seniman! Perilakunya selalu jadi bahan omongan yang negatif. Yang muncul selalu statement ‘semua seniman itu aneh.’, kenapa bukan ‘semua akuntan itu aneh’, atau ‘semua insinyur tu aneh’, atau ‘semua diplomat itu aneh’, atau apa kek yang lainnya.

Padahal kalau dilihat-lihat lagi, susah lho jadi seniman. Apalagi kemarin-kemarin tu ada kejadian ga masuk akal yang disiarin di televisi.

Inget ga, film Perempuan Berkalung Sorban mau dicekal? Gue ketawa-ketawa aja ngeliatnya, yaah namanya juga seniman yang komersil, para pembuat film/novel nya pasti mikir cerita-cerita yang kontroversi biar karya mereka laku. Kalo ga kontroversi ya ga menarik, kalo ga menarik ya ga laku. Rugi kali!

Ataauuu… Berita super aneh yang menayangkan bahwa gubernur Jawa Barat berkomentar soal tari Jaipongan. Beliau meminta pengurangan beberapa gerakan pada tari Jaipongan. Dan masa iya tari Jaipongan dibilangin jangan keliatan keteknya! Emangnya mau berdoa, ketek harus tertutup rapat.

jaipong

Itulah beberapa hal yang belakangan ini gue perhatikan sebagai bagian dari nasib menyedihkan seorang seniman. Udah dapet duitnya dari menghibur orang, masih dikritik bahkan dicekal. Mungkin karena itu juga beberapa orang tua di Indonesia ragu dan melarang kalo anaknya bilang mau jadi seniman..

***

Cheerio!


About this entry