Happy Birthday LaCapitale!

capitale f capital (letter, city). – [Geddes & Grosset French-English| English-French Dictionary]

3 [c] (also capital ‘letter) large letter. – [Oxford LEarner’s Pocket Dictioary]

writing

“Gunakanlah huruf kapital (huruf besar) pada huruf pertama kalimat,” begitu guru-guru di Sekolah Dasar dulu katakan berulang-ulang, berulang-ulang.

***

Tanggal 7 Maret kemarin tepat  setahun saya hidup bersama blog LaCapitale. Banyak kejadian-kejadian menarik dan sangat berharga bisa saya alami karena blog ini. Mungkin sedikit terlambat,  kali ini ini saya akan membahas cerita di balik nama LaCapitale.

Dari awal, dorongan  membuat blog berasal dari senior saya, Calvin Sidjaja. Singkat cerita, saya berhasil membuat sebuah account di WordPress.

Dan seperti biasa, memilih sebuah nama bukanlah hal yang mudah. Kalau Calvin memilih ‘republikbabi’ sebagai ID blog nya. Nama itu diambil dari sebuah cerpen ciptaannya, yang juga merupakan cerpen favoritnya.

Kebetulan waktu itu saya juga sedang menulis sebuah novel, yang berjudul La Capitale. Tanpa pikir panjang, lampu yang muncul di saat ide itu datang pun saya biarkan menyala hingga saat ini. Dan jadilah lacapitale.wordpress.com.

writing101 Tujuan saya menulis blog ini mungkin sama dengan blogger-blogger lainnya. Saya ingin melatih (dan memaksa) diri untuk terus menulis secara rutin, dan tidak ingin terpaku pada satu tema saja untuk menulis di blog ini.

moneyKarena itulah, rasanya lama LaCapitale ini sangat tepat. Seperti huruf kapital (capital letter) yang memulai sebuah kalimat, maka blog ini pun menjadi titik awal saya untuk menulis rutin. Seperti modal (capital) yang dapat mendirikan suatu usaha,  blog ini telah menjadi modal khusus untuk saya. Sukur-sukur nanti bisa jadi modal untuk nyari duit.

Dan LaCapitale ada bukan untuk mencari popularitas, seperti beberapa orang menyangkanya. Kalau pun memang seperti itu, bukankah hal ituwajar sebagai manusia yang juga merupakan mahluk sosial yang selalu ingin diperhatikan?

***

birthday-cake

Happy (belated)  Birthday LaCapitale!


About this entry