I Have a BIG THANK for You!


Ini ucapan terima kasih yang saya tulis di skripsi. Jika ada yang merasa berpartisipasi membantu, tapi belom kesebut, mohon maaf sebelumnya.

***

Ucapan Terima Kasih

thankyou

Tuhan Yang Maha Baik, terima kasih atas segala berkat dan kemudahan yang diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Kebijakan Energi Uni Eropa dalam Upaya Mengatasi Krisis Minyak (2005-2008)” tepat pada waktunya.

Penulis ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan cinta yang tidak pernah putus dari Papa, Mama, Kiky, dan Rio. Terima kasih atas doa dan kesabaran Mama dan Papa untuk tetap mendukung skripsiku yang sempat tertunda. Terima kasih Kiky dan Rio adik-adikku yang (mungkin) juga mendoakan aku. Keluarga kita menjadi semangat utama untukku segera menyelesaikan skripsi ini.

Keluarga besar Tarigan-Sinulingga yang tidak berhenti mendoakan. Terima kasih Nek Biring yang selalu mendoakan saya. Keluarga di Slipi, Batang Serangan Medan, Pasar Tujuh Medan, dan keluarga di Simalingkar Medan, terima kasih atas segala doa dan dukungannya di hari-hariku kuliah, ujian, mennyelesaikan skripsi, juga sewaktu menjelang dan sesudah sidang. Bujur melala man kam kerina.

Tidak lupa kepada DR. Makmur Keliat, abang dan yang juga telah menjadi pembimbing yang memberi banyak pencerahanb kepada saya di waktu-waktu terakhir penulisan skripsi ini. Juga kepada istri, Kak Nova, yang tetap menyemangati di sela-sela hambatan yang saya temui.

thankyou

Saya juga ingin mengungkapkan rasa terima kasih atas bimbingan, ilmu, dan kesabaran dari Prof. Bob Sugeng Hadiwinata, Ph.D., atas bantuan yang luar biasa dalam menyelesaikan skripsi ini di satu bulan menjelang deadline, juga telah membantu saya dalam mempersiapkan hingga menyelesaikan skripsi ini. Terima kasih Mas Bob karena telah menerima saya sebagai mahasiswa bimbingan pindahn di tengah kesibukan Mas Bob.

Juga kepada Prof. A. A. Banyu Perwita, Ph.D. yang telah membimbing skripsi saya selama hampir satu tahun di awal. Walau masa bimbingan berakhir dengan tidak begitu enak, saya berterima kasih atas ilmu dan pola pikir yang telah Mas Banyu berikan kepada saya.

Terima kasih untuk Bonggas Adhi Chandra S. IP., MIS dan Aknolt Khristian Pakpahan, S. IP., MA yang telah menguji skripsi saya. Terimakasih atas saran-saran yang diberikan untuk membuat skripsi saya menjadi lebih baik.

Kepada staff dosen dan karyawan HI Unpar. Terima kasih tidak terhingga kepada guru-guru saya selama kuliah di HI Unpar. Para dosen yang telah memberikan pengajaran yang membentuk saya hingga menyelesaikan kuliah di HI Unpar. Terima kasih Ibu Tien, Alm. Ibu Djuariah Utja, Ibu Martina, Pak Andung, Pak Darwin, Mas Sosro, Mas Nur, Mas Pur yang juga merupakan Ketua Jurusan HI, Mas Bob, Mas Banyu, Mas Aleks, Mas Adri, Bang Atom, Mas Ari, Mas Sapta, Bang Tian, Mas Irawan, Mbak Suke, Mbak Cia, dan Madam Linda, serta dosen-dosen MKU yang telah mengajar saya. Terima kasih juga kepada Mas Andreas Adi Cahyono atas informasi-informasi administratif yang sangat membantu saya selama kuliah, skripsi, hingga sidang skripsi.

Thank you!

Tidak lupa terima kasih atas dukungan dan semangat dari sahabat-sahabat LesBI21 ++ di kosan BI 21: Marcia Louise Mandagi yang akan selalu aku kenang suaranya, kebaikan hati, dan berbagai saran mujarab, dan kesabaran untuk menjadi teman; Jessica Nathalia Soeratman si kecil dan buas tapi merupakan seorang sahabat yang tidak kenal lelah untuk membantu; Larani Soraya partner mengerjakan skripsi di kosan yang tidak pernah berhenti menyemangati; Klara Maria Dara Caturningsih makasih atas bantuan-bantuanmu di kosan juga cerita-cerita penghapus penat skripsi; Widya Wati yang menambahkan banyak pengalaman untukku; Prissy Aprilia yang lemah lembut beserta Wiratama Endika yang sering ngajak jalan-jalan refreshing sewaktu mumet; Rabecca Tiffani yang sering nyeletuk asal tapi sangat menghibur dan Irfan Angga Lebang yang sangat membantu backup data di computer lama yang rusak, Tanti Meylinda si ‘pelit’ yang sering memberi candaan berarti; Isti yang juga hadir memberi hiburan di akhir-akhir pengerjaan skripsi; Vita yang telah menemani saya sidang bersama teman-teman; adik-adik di kosan: Iren Sylvana Lebang si ‘nyonya’ dan teman gereja bareng selama bertahun-tahun, Mohammad Iqbal Alie Tasrief si manja dan bawel. Guys, you are the best I ever had in Bandung. Big thank you for your kindness, time for having fun and crying together. Thank you for so many lessons learned we had from gossip, chitchat, etc.

Tidak lupa terima kasih kepada kakak-adik Erica Widjarnako, dan Dania Widjarnako yang sering mengisengi saya namun selalu menghibur di kala penatnya skripsi. Makasih pijatan-pijatan mujarab dan Bailey’s di hari-hari menjelang sidangnya ya, Dania.

Teman-teman seperjuangan di HI Unpar angkatan 2005, terutama: Alicia Madrileńa Simanungkalit si Batak yang telah banyak menjadi partner selama kuliah dan memberikan pemikiran-pemikiran baru kepada saya, Bernadetta Kusumaning Handayani yang selalu meceriakan hari-hari, Jumice Chandra yang banyak sekali saya repotkan dalam proses penyelesaian skripsi, Sylvie Tanaga ‘guru’ selama kuliah, Getruida Harmoniati Hardjowijono ‘satpam’ skripsi saya yang mengganti password setan’ Facebook dan rajin mengontrol kemajuan skripsi di tengah malam sampai subuh-subuh, Brigita Mikaela Sari Widita makasih info-info skripsi kita yang mirip itu, Sri Dwi Mulyani konselor pribadi menjelang sidang makasih masukan-masukannya, dan Wulani Sriyuliani teman seperjuangan 2 semester 1 pembimbing dan akhirnya selesai juga bersama. You are also the best thing of mine in Bandung. Senang mengenal kalian semua!

Untuk teman-teman yang dahulu satu pembimbing: Anggia, Bono, Rean, Djaki, Wulan, Felysa, Nya, Indri, dan Widya. Terimakasih atas saling menyemangati di antara kita ya!

Juga untuk teman-teman satu bimbingan dengan Mas Bob: Felysa, Yoeman, dan Anisha. Terima kasih atas bagi-bagi informasi dan saling menyemangatinya.

Makasih buat Caecilia Dian ‘Panda’ Pratiwi atas bantuan mentranslate, dan ngeprint darurat di kosannya. Thank you Pan!

Teman-teman Delegasi Yunani di Praktek Diplomasi 2008: Sebastianus Airlangga (makasih pinjaman bukunya Ga!), Sri Dwi Mulyani, Jessica Nathalia, Sarwendah Palupi Utami, dan Natasya Muliandari. Terima kasih atas kerjasama, pengalaman, dan hiburan-hiburan yang kalian berikan. Kapan lagi kita rekaman video ST-12? J

Teman-teman KSMPMI, terutama inti dari masa jabatan 2007-2008: Rean, Dita, Lena, Wulan, Retta, Jaki, Lora, Alicia, Tricia, dan Tingting. Anak-anak Litbang 2007-2008: Yani, Adhi, Gladys, Lestio, Dani,

Terima kasih kepada senior-senior saya, yang telah menjadi mentor sejak awal kuliah. Calvin Michel Sidjaja, Angelia Cecilia Kustomo, dan Patrick Henrikus Tangkau. Pengalaman dengan kalian yang berawal dari Litbang KSMPMI itu luar biasa!

Kepada senior-senior lain di kampus. Terima kasih untuk Patrick Hutapea yang memberi semangat di minggu-minggu kritis deadline. Jadi teringat, makasih juga Bang, dulu udah nganterin ke kantor polisi dan minjemin uang waktu aku  kehilangan dompet di awal kuliah. Terima kasih kepada Maria Benedicta ‘Bene’ Diah Kristanti yang sedari awal saya seminar sudah memberikan banyak sekali informasi hingga pada proses skripsi juga. Terima kasih kepada Danang Surowilopo yang membantu sewaktu mencari data di PELANGI dan kiriman info-infonya lewat email. Juga kepada Atri yang memberikan satu postingan khusus di blog sewaktu bosan di akhir pengerjaan skripsi saya.

Terima kasih juga kepada teman-teman sekalian yang berkontribusi dalam menyemangati saya selama pengerjaan skripsi: Benedicta Trixie Ariestanti, Mario Masaya, Meutia Ananda, dan kepada teman-teman dan pihak-pihak lain di Unpar yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu yang selama ini telah membantu kelancaran kuliah saya selama di Bandung. Terimakasih atas dukungan dan semangatnya yang selalu diberikan kepada saya.

thankyou4

Terima kasih kepada sahabat-sahabat saya Icha, Emen, Lora, dan Putri yang telah memberikan banyak sekali dukungan dan semangat selama saya menjalani skripsi ini. Juga kepada Rio Sebayang yang juga memberi banyak masukan dan cerita, dan mendengarkan keluhan saya selama menyelesaikan skripsi.

Terima kasih juga kepada 2 sahabat dari SMA 47: Trinzky Ginting dan Cinthya Manuhutu. Terima kasih kalian memberi banyak hiburan lewat gossip dan chitchat sewaktu proses skripsi ini.

Terima kasih kepada teman-teman di Permata GBKP Kebayoran Lama tempat saya biasa mengadu soal skripsi di kala kabur ke Jakarta. Terima kasih Sisda Bang Mazmur, Kak Etha, Lucky, Kak Mita, Kak Meltha, Bang Anta dan Kak Ebha. Banyak sekali nasihat kalian yang telah membentuk pemikiran saya disaat melahap skripsi.

Terima kasih untuk semua kenangan dan cerita yang saya dapat dari teman-teman HI Unpar yang lain yang tidak tersebutkan satu-persatu namanya. Menjadi bagian dari HI Unpar 2005 adalah sebuah anugerah yang tidak terkira.

THANK YOU

***

Cheerio!


About this entry